Optimalisasi Posyandu dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Balita dan Penanganan Stunting di Desa Patemon

16 Oktober 2024 21:51:02 WITA

Senin, 14 Oktober 2024

Posyandu integritas adalah program bulanan yang diselenggarakan oleh puskesmas,dan di laksanakan di wantilan Desa Patemon dengan tujuan utama memberikan pelayanan kesehatan kepada balita, ibu hamil, dan lansia. Namun, dalam pelaksanaannya, fokus utama adalah pada balita. Setiap bulannya, posyandu ini dilaksanakan secara bergilir di tiga banjar, (Banjar Sema, Banjar Uma dan Banjar Apit Yeh) memberikan dorongan kepada para ibu untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak mereka.

 

Posyandu ini melibatkan tenaga kesehatan seperti bidan, perawat, dan dokter yang bertugas memantau kondisi kesehatan anak, termasuk mengidentifikasi apakah anak mengalami stunting atau tidak. Selain itu, program ini berfungsi untuk mengedukasi para ibu agar lebih sadar dalam memantau pertumbuhan anak.

 

Posyandu ini telah berjalan selama tiga bulan dengan tiga kali pelaksanaan. Dalam posyandu, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) diberikan sesuai kebutuhan anak. PMT dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelayanan dan penanganan. Untuk anak-anak yang terindikasi stunting, mereka diberikan makanan bervariasi setiap hari, seperti buah, daging, dan bubur, serta vitamin yang diberikan pada acara-acara khusus, seperti pemberian vitamin A dan vaksin polio. Meskipun fokus utama posyandu adalah PMT, anak-anak yang memerlukan perhatian khusus juga diberikan vitamin tambahan.

Komentar atas Optimalisasi Posyandu dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Balita dan Penanganan Stunting di Desa Patemon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Patemon

tampilkan dalam peta lebih besar